PENYAKIT BRONKITIS

Bronkitis atau peradangan tenggorokan yang termasuk salah satu dari penyakit pernapasan.

Ada 2 macam bronkitis yaitu bronkitis akut dan bronkitis kronik. Bronkitis adalah peradangan cabang tenggorokan yang pada umumnya terjadi karena infeksi pada hidung bagian tas dan kerongkongan. salesma atau pilek biasa sering merupakan penyebab bronkitis akut, sedangkan penyebab bronkitis kronik adalah karena adanya tonsil dan adenoid yang terkena infeksi.

Dari segi makanan, bronkitis akut terjadi karena lendir - ­lendir yang berlebihan di dalam tubuh. Penderita penyakit ini dapat tertolong cepat dengan cara pembersihan usus dengan enema dan detoksifikasi atau dengan membuang racun­ - racun dari tubuh.

Bronkitis akut bisa dipicu dengan adanya bakteri, virus, atau terkena polusi asap dan zat kimia. penyebab­ - penyebab ini akan mengiritasi silia (rambut ­rambut halus) yang terdapat dalam bronkus dan bronkiolus. 

Silia yang teriritasi akan berhenti fungsinya. Akibatnya, kotoran akan menumpuk di bronkus atau bronkiolus dan iritasi semakin meluas. Kemudian kotoran yang menumpuk menyebabkan lendir (mukus) secara berlebihan.

Umumnya penyakit bronkitis ini menunjukkan gejala seperti :

  • Batuk disertai pilek atau flu yang relatif lama
  • Demam
  • Rasa sakit di bagian dada terutama saat batuk, gejala ini hampir sama dengan gejala penyakit TBC.

Penyakit bronkitis akut pada beberapa orang ada yang sembuh dengan sendiri, namun ada pula yang memerlukan bantuan pengobatan medis maupun tradisional. Namun penyakit bronkitis akut ini harus diwasapadai, disinyalir penyakit bronkitis ini merupakan gejala awal dari timbulnya penyakit radang paru, TBC dan kanker paru dan penyakit yang berhubungan langsung dengan pernapasan.